MEMAINKAN GITAR


5| MEMAINKAN GITAR

Sebelum memasuki hal inti,ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan sebelum mulai belajar, yaitu pemanasan. Yup, pemanasan tidah hanya dibutuhkan saat kita mau olahraga saja, tetapi diperlukan juga saat mau mulai belajar bermain gitar. Pemanasan bisa dilakukan dengan cara melakukan senam ringan, mulai dari kepala,leher,pundak,lengan, pergelangan tangan, jari, dan ruas-ruasnya. Semua itu dilakukan agar peredaran darah ke otak menjadi lancar dan kelenturan ketika bermain gitar akan terjaga.


A. Mengenal Senar Gitar

Dalam gitar standar, kita akan menemukan 6 senar gitar. Jika ingin bermain gitar, kita harus tahu urutan dan nada yang di keluarkan dari setiap senar.
Senar pertama. Senar ini terdapat di bagian paling bawah. Senar ini bisa disebut senar E.
Senar kedua. Senar ini terdapat di bagian kedua dari bawah. Senar ini bisa disebut senar B.
Senar ketiga. Senar ketiga ini berbeda di bagian ketiga dari bawah. Senar ini bisa disebut senar G.
Senar keempat. Senar ini berapa di bagian ketiga dari atas. Senar ini biasa disebut senar D.
Senar kelima. Senar ini berada di bagian kedua dari atas. Senar ini biasa disebut senar A.
Senar keenam. Senar ini berada si bagian paling atas. Senar ini biasa disebut senar E.
SENAR GITAR

Tali senar tiga dari atas disebut dengan tali Bass, dan tali tiga senar dari tengah ke bawah disebut tali solo.












B. Stem Gitar

STEM
Sebenarnya, cara menyetel gitar ( istilah kerennya stem), bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu (1) menyetem dengan suara piano; (2) menggunakan garpu tala; dan (3) mengandalkan feeling. Cara pertama, dinilai terlalu ribet, cara kedua, ternyata lebih ribet lagi, solusinya, tentu saja, digunakan cara yang ketiga, feeling karena dinilai sebagai cara paling mudah dan praktis, semua orang punya feeling, bukan?





Langkah Cara Stem Dengan Feekeng:

a.    Menentukan nada pada senar gitar paling bawah atau senar pertama.
b.    Petiklah senar kedua dengan menekan kolom kelima pada gitar. Samakan nadanya dengan senar pertama, jika terlalu tinggi, maka kendorkan. (Senar pertama tidak di tekan).
c.    Senar katiga disamakan nadanya dengan senar kedua dan ditekan pada kolom keempat. (Senar kedua tidah di tekan).
d.    Tekan senar kelima pada kolom kelima dan samakan nadanya dengan senar keempat. (Senar keempat tidak ditekan).
e.    Untuk menstem senar keenam tekan senar ke enam pada kolom kelima samakan nadanya dengan senar kelima (senar kelima tidak ditekan)

Setelah selesai, coba bunyikan senar gitar dan dengarkan benar-benar bunyi yang keluar dengan mencoba salah satu kunci nada atau kord, bila bunyinya belum enak atau masih sumbang, maka dicari letak kesalahannya dan dicoba lagi untuk menstem.

Meskipun dianggap paling praktis bila bibandingkan dengan cara menyetem dengan piano atau garpu tala, tetapi masih saja penyeteman ini masih dirasa sulit karena butuh banyak konsentrasi dan rasa mood yang tinggi. Makanya tidak heran masih banyak orang yang bisa bermain gitar tetapi masih belum bisa menyetem gitar. Tapi jangan khawatir dan putus asa, kalau mau terus berlatih pasti bisa!

C. Cara Memegang Gitar

POSISI MEMEGANG GITAR
Cara memegang gitar sebenarnya gampang. Bagian body gitar dikempitkan ke bagian ketiak bagian kanan lalu tangan kiri memegang bagian leher dan jari sebelah kiri mencoba menekan senar.
Posisi ketika bermain gitar memang sangat menentukan enak tidaknya kita bermain. Posisi dalam keadaan duduk dinilai posisi yang paling enak karena lebih mudah ketika barmain dan pegangan akan terasa lebih kokoh bila dibandingkan ketika kita memainkan nya sambil berdiri.
Posisi tangan kanan harus dalam keadaan relaks sehingga pundak dan lengan bisa bergerak bebas. Posisi tangan kanan tidak mesti harus berada di depan libang suara tetapi boleh juga berada sedikit di sebelahnya. Hal ini agar suara yang keluar dari lubang suara tidak tertutup dan menjadi lebih nyaring
Untuk posisi tangan kiri, simpan jempol di tengah. Dalam melakukan gerakan, usahakan tidak terlalu jauh. Hal ini untuk menjaga agar energi kita juga kontak jari dengan senar menjadi lebih dekat. Jangan luruskan jari-jari ketika sedang meneken senar, tetapi sedikit melengkung agar tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar dan nada yang ditekan akan keluar dengan baik.

D. Memetik Gitar

MEMETIK GITAR
Berbeda dengan menggenjrengkan gitar yang bisa dilakukan langsung tanpa harus mempelajari teknik tertentu, memetik gitar harus dilakukan dengan beberapa keistimewaan. Sebenernya, banyak cara yang bisa digunakan untuk memetik gitar. Umumnya, pemain gitar selalu menyesuaikan petikannya dengan jenis lagu yang dibawakan seorang penyanyi.

Jika lagu tersebut beriramakan lambat maka petikan yang baik adalah dengan menggunakan kunci minor, dengan cara

v  jari tekunjuk memetik senar ketiga.
v  jari tengah memetik senar kedua.
v  telunjuk memetik tali ketiga.
v  jari manis memetik tali kesatu.



Contoh:

Jika kita menggunakan kunci Am sebagai nada dasar, maka yang pertama adalah memetik Bass A ( senar kelima) dengan ibu jari kemudian memetik dengan cara di atas

þ  Ibu jari memetik Bass A (senar kelima)
þ  Jari telunjuk memetik senar ke tiga
þ  Jari tengah memetik senar kedua
þ  Jari telunjuk memetik senar ke tiga
þ  Jari tengah memetik senar kedua
þ  Ibu jari memetik senar Bass A (senar ke 5)

Bila digambatkan dengan posisi senar yang harus sipetik berarti seperti 5,3,2,3,1,3,2,5

Dalam pemetikan pertama yang dilakukan dalam senar Bass (senar ke 4-6) dilakukan sesuai dengan nada dasar yang akan dimainkan. Bila nada dasarnya yang akan dimainkannya Em maka nada Bass yang dipetiknya bass E atau senar satu.

Atau dengan cara: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tengah=3,dan jari manis=4
·         1-2-3.4.3-2 dengan 1 berpindah-pindah bas
·         1-2-3-4-2 dengan 3 4 dipetik bersamaan
·         1.234 dengan 234 dipetik dipetik bersamaan sebanyak 3x

Ada lagi cara memetik gitar dengan petikan yang lain, yaitu dengan langsung memetikan dengan senar
·         Senar 4-3-2-3-1-3-2
·         Senar 5-3-2-1
Senar bass tetapi dipetik sesuai dengan nada dasar yang akan dimainkan. Adapun dengan jari yang digunakan itu diserahkan langsung pada permainan sendiri.

E. Belajar Mudah Bermain Gitar

Pada perinsipnya, untuk belajar gitar, kita harus hafal dahulu khord-nya. Tak ada teknik khusus dalam mempelajari kord ini, hanya saja kita bisa melakukannya dengan dua cara, pertama menghafal chord lagu dengan nama-nama chord sebenarnya dan kedua mengganti nama-nama chord-nya dengan mana lain yang gampang kita ingat. Toh, hal ini untuk membantu kita belajar, asalkan kita tahu nada yang akan kita ambil dan tak harus terlalu pusing mengingat nama dari nama tersebut. Contoh berikut ini penulisan ambil dari sebuah blog. Menurut penulis, eksperimen yang dilakukan cukup kreatif, terlebih bagi orang yang tidak terlalu bisa menghafal dengan cepat. Hal ini ia pelajari ketika harus menghafal kord-kord dalam gitar klasik. Caranya, dia menghafal kord bukan dari namanya, melainkan dari senar ke berapa yang harus dipetik oleh tangan kanan dan di fret keberapa tangan kiri harus menekan. Pemilik situs tersebut menamainya "Sistem Petik Pencet"

Posisi not
Senar yang dipetik
Fret yang dipencet
Nama not
di atas garis yang paling atas
1
3

di garis yang paling atas
1
3

di spasi yang paling atas
1
(lepas)

di garis nomer 2 dari atas
2
3

di spasi nomer 2 dari atas
2
1

di garis tengah
2
(lepas)

di spasi dibawahnya garis tengah
3
2

di garis nomer 2 dari bawah
3
(lepas)

di spasi paling bawah
4
3

di garis paling bawah
4
2

di bawah garis paling bawah
4
(lepas)

digaris bantu 1 di bawah
5
3

di bawah garis bantu 1 di bawah
5
2

di garis bantu 2 di bawah
5
(lepas)

di bawah garis bantu 2 di bawah
6
3

di garis bantu 3 di bawah
6
1

di bawah garis bantu 3 di bawah
6
(lepas)

            Gitar terdiri atas 21 kolom tetapi untuk kunci nada atau kolom lazim dipakai 12 kolom






























































¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
¯
kolom 12
kolom 11
kolom 10
kolom 8
kolom 9
kolom 7
kolom 6
kolom 5
kolom 4
kolom 3
kolom 2
kolom 1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN HADIAH