6| MEMBELI DAN MERAWAT GITAR


A.   Membeli Gitar



Sebagai pemula, usahakan ketika akan membeli gitar kita tidak pergi sendirian. Lebih baik kita mengajak saudara atau teman yang mengerti tentang gitar. Kalaupun terpaksa harus pergi sendiri, usahakan membeli gitar di tempat yang telah banyak merekomendasikan agar kita tidak terpipu dengan membeli gitar dengan harga yang terlalu malah namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, sebelum membeli gitar, perhatikan dahulu hal-hal dasar berikut ini. Pertama, anggaran yang tersedia, kedua tujuan utama membeli atau belajar gitar, dan ketiga jenis lagu apa yang akan didalami (dikuasai)

Apabila anggaran yang dimiliki tidak terbatas, ada baiknya mabeli gitar dengan kualitas yang tidak diragukan lagi seperti Ibanez, Kramer, Gibson. Namaun, jika anggarannya terbatas, masih banyak gitar yang bagus dan berkualitas, hanya saja kita harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

1. Cek berat gitar. Berat gitar yang disarankan sekitar 2,5 kg. Dengan berat tersrbut, kayu yang digunakan pun kayu yang solid dan keras sehingga tone-nya lebih panjang durasinya dibandingkan dengan bahan kayu ringan dan lembek.

2. Cek kerapaian. Perhatikan lehernya lurus atau tidak, fretnya sejajar datar atau tidak.

3. Kalau ingin pesan, carai pembuat gitay yang memang sudah handal. Jangan sungkan untuk sedikit cerewet agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan.


B.   Merawat Gitar 



Dalam situs yang sama, disebutkan beberapa hal yang dapat kita lalukan dalam merawat gitar kesayangan.

1. Bersihkan senar gitar setidaknya seminggu sekali.

Disadari atau tidak, tangan kita mengeluarkan karingat yang cukup banyak ketika bermain gitar sehingga menempel pada permukaan gitar. Selain mengotori senar, fret juga akan menjadi kotor. Bila dibiarkan, maka senar akan berkarat dan suara gitar akan menjadi sumbang. Cara yang apaling baik membersihkan bekas berkarat itu adalah mengelapnya dengan kain kaus yang lembut.

2. Kendurkan senar

Hal ini dilakukan jika kita tidak akan menggunakan gitar dalam waktu yang cukup lama. Tujuannya agar leher gitar tidak bengkok akibat peregangan tali gitar.

3. Posisi ditar dan membanting gitar

Latakkan gitar dengan posisi yang benar, yaitu terlentang dengan posisi bagian leher gitar menghadap ke atas agar gitar tidak mudah rusak, terlebih patah.
Jangan pernah sekali pun membanting gitar karena suara dan bodi gitar akan rusak. Jangan meletakkan gitar di bibir meja agar gitar tidak tersenggol dan jatuh.

4. Ganti senar gitar

Kalukan pergantian senar gitar secara berkala. Terlebih, jika senar telah berkarat, maka gantilah segera. Karat pada senar bisa menyebabkan suara menjdi sumbang dan membuat jari tangan menjadi sakit. Jika sampai luka, dikhawatirkan akan terjadi infeksi.

Usahakan mengganti senar dilalukan satu set sekaligus (keenam senar). Tujuannya, agar tidak terjadi ketidak seimbangan suara yang dikeluarkan antara senar yang lama dan senar yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN HADIAH